Galangan kapal

Jumat, 06 Januari 2012

Galangan kapal di KlaksvíkKepulauan Faroe
Kapal yang sedangan dibangun di galangan Gdynia Shipyard
Galangan kapal adalah sebuah tempat yang dirancang untuk memperbaiki dan membuat kapal. Kapal-kapal ini dapat berupayacht, armada militer, cruise line, pesawat barang atau penumpang.
Negara-negara dengan kemampuan membangun industri pembuatan kapal besar termasuk Korea SelatanJepang, dan Republik Rakyat Cina. Industri pembuatan kapal di Eropa lebih terpecah dibanding dengan di Asia. Dalam negara-negara Eropa ada lebih banyak perusahaan kecil, dibanding dengan pembuat kapal di Asia yang lebih sedikit namun besar.
Kebanyakan pembuat kapal di Amerika Serikat dimiliki pribadi, dengan yang terbesar adalah Northrop Grumman sebuah kontraktor pertahanan multi-miliar dolar.
Sebuah lokasi galangan kapal besar akan berisi banyak cranedok keringslipway, gudang bebas-debu, fasilitas pengecatan dan tempat yang sangat luas untuk fabrikasi kapal-kapal tersebut.
Setelah tidak layak digunakan, kapal tersebut akan melakukan perjalanan terakhir ke galangan penghancuran kapal, seringkali di sebuah pantai di Asia Selatan. Dahulu pemecahan kapal dilaksanakan di dok kering di negara maju, tetapi gaji tinggi dan peraturan lingkungan telah mengakibatkan pergerakan industri ini ke wilayah yang sedang berkembang.

[sunting]Galangan kapal terkenal

[sunting]Galangan Kapal di Indonesia

[sunting]Pranala luar

0 komentar:

Poskan Komentar