Kapal motor,Kapal uap

Jumat, 06 Januari 2012

Kapal MV American Tern di Antartika, 2007
Kapal motor (Inggris : motor ship atau motor vessel) adalah kapal yang mempunyai mesin pembakaran dalam, biasanya mesin diesel. Penamaan kapal motor (motor ship) dalam istilah internasional biasanya disingkat manjadi MS,M/SMV[1] atau M/V[2], jangan bingung dengan kapal diesel.
Istilah SS digunakan pada kapal bertenaga uap (Steam Ships atau screw-driven steamship), biasanya inisial SS ditambahkan sebelum nama dari kapal yang dimaksud contohnya SS Titanic.
Kapal motor lain adalah PS (paddle steamers) yaitu kapal motor yang menggunakan roda dayung dan "TS" (turbine ship).

[sunting]Lihat juga

[sunting]Referensi

  1. ^ "Mississippi River Commission"Corps Facts. United States Army Corps of Engineers. 11 Januari 2008. Diakses pada 10 Agustus 2008.
  2. ^ "Open house of largest working towboat on the Mississippi rescheduled to Saturday, Aug. 9". United States Army Corps of Engineers. 7 September 2008. Diakses pada 10 Agustus 2008.

Kapal uap kecil di Jerman yang masih digunakan untuk tujuan Pariwisata
Setelah pembuatan kapal layar makin berkembang dan kebutuhan berlayar[1], yang lebih cepat mulai dirasakan, sedangkan kapal layar mempunyai berbagai keterbatasan maka kemudian kapal uap kemudian menjadi primadona transportasi baru.
Kapal uap atau yang disebut juga sebagai a steamer, adalah kapal yang digerakkan dengan tenaga uap yang menggerakkan propeler ataupun roda kayuh. Kapal uap atau Steamships disingkat menjadi SSS.S. atau S/S.
Kapal uap mulai digunakan setelah ditemukannya mesin uap di Inggris oleh James Watt yang memunculkan revolusi industri yang juga merupakan revolusi bahan bakar sebab pada masa itu mulai digunakan batu bara dengan skala yang lebih luas menggantikan kayu bakar. Pada pelayaran, ditemukan oleh John Fitch pada tahun 1787 dengan melayari Sungai DelawareAmerika Serikat, kemudianRobert Fulton pada 1802.
Awalnya karena kekurang percayaan pembuat kapal dan awak kapal, kapal kapal uap masih menggunakan tiang-tiang tiggi dan dilengkapi dengan layar cadangan untuk mengantisipasi bila bahan bakar pada tungku uap habis. Model seperti itu dapat ditemukan pada kapal perang masa Pre Dreadnought sebelum tahun 1906. Sebagai contoh kapal perang type Asahi (Jepang) atau Borodino (Rusia) yang terlibat perang laut di tsushima tahun 1902.

[sunting]Referensi

  1. ^ Aneka Kapal dari Zaman ke Zaman [1]

0 komentar:

Poskan Komentar