Laut Bering

Jumat, 06 Januari 2012

Citra Satelit Laut Bering
Laut Bering dan Samudera Pasifik Utara
Laut Bering adalah bagian dari Samudera Pasifik. Laut Bering terdiri dari cekungan air yang dalam, yang kemudian naik melalui lereng sempit ke dalam air dangkal di atas benua
Laut Bering dipisahkan dari Teluk Alaska oleh Semenanjung Alaska. Laut Bering mencakup lebih dari 2.000.000 km², berbatasan di sebelah timur dan timur laut dengan Alaska, di sebelah barat dengan Siberia dan Semenanjung Kamchatka, di selatan dengan Semenanjung Alaska dan Kepulauan Aleutian dan di paling utara oleh Selat Bering, yang memisahkan yang Laut Bering dari Samudera Arktik dan Laut Chukchi . Teluk Bristol adalah bagian dari Laut Bering yang memisahkan Semenanjung Alaska dari Alaska daratan. Laut Bering berasal dari nama Vitus Bering, seorang navigator Denmark yang bekerja kepada Rusia, yang pada 1728 adalah orang Eropa pertama yang secara sistematis menjelajahi, berlayar dari Samudera Pasifik utara ke Samudra Arktik. Ekosistem laut Bering meliputi sumber daya dalam yurisdiksi Amerika Serikat dan Rusia, serta perairan internasional di 'Donut Hole'. Interaksi antara arus, es laut, dan cuaca membuat untuk ekosistem yang kuat dan produktif.

Daftar isi

  [sembunyikan

[sunting]Sejarah

Kebanyakan para ilmuwan percaya bahwa selama zaman es terakhir, permukaan laut cukup rendah untuk memungkinkan manusia dan hewan lainnya untuk bermigrasi dengan berjalan kaki dari Asia ke Amerika Utara di apa yang sekarang menjadi Selat Bering. Hal ini sering disebut sebagai "jembatan darat Bering" dan dipercaya oleh beberapa ilmuwan meskipun tidak semua untuk menjadi titik awal masuknya manusia ke Amerika.
Ada sebagian kecil dari Lempeng Kula di Laut Bering. Lempeng Kula adalah lempeng tektonik kuno yang digunakan untuk merampas bawah Alaska selama periode Trias.

[sunting]Penatapan Batas

Organisasi Hidrografi Internasional mendefinisikan batas Laut Bering sebagai berikut: [3]
Di Utara. Batas Selatan Laut Chuckchi [Lingkaran Kutub Utara antara Siberia dan Alaska].
Di Selatan. Sebuah garis yang berjalan dari Kabuch Point (54°48′N 163°21′W) di Semenanjung Alaska, melalui Kepulauan Aleutian ke ekstrem Selatan Kepulauan Komandorski dan pada ke Cape Kamchatka sedemikian rupa sehingga semua perairan sempit di antara Alaska dan Kamchatka termasuk di Laut Bering.

[sunting]Geografi

[sunting]Kepulauan

Kepulauan Laut Bering meliputi:

[sunting]Region

Region Laut Bering meliputi:

[sunting]Keanekaragaman Hayati

Laut Bering adalah rumah bagi beberapa satwa liar di dunia yang paling menarik. Laut ini mendukung banyak spesies paus terancam punah termasuk Paus Bowhead, Paus Biru, Paus Sei, Paus Bungkuk, Paus Sperma dan paling langka di dunia, Paus Kanan Pasifik Utara . Mamalia laut lainnya termasuk walrus, sapi laut Steller, Beluga, paus pembunuh dan beruang kutub. Laut Bering mendukung banyak spesies ikan. Beberapa spesies ikan mendukung perikanan komersial besar dan berharga. Jenis ikan komersial meliputi 6 jenis Pasifik Salmon, Pollock Alaska , Raja Kepiting merah, Kod Pasifik, Halibut Pasifik, dan Sole kuning. Ikan keanekaragaman hayati tinggi, dan setidaknya 419 spesies ikan telah dilaporkan dari Laut Bering.
Laut Bering sangat penting bagi burung laut dunia. Lebih dari 30 spesies burung laut dan berkembang biak sekitar 20 juta orang di wilayah Laut Bering. Spesies burung laut meliputi Puffins berumbai, Albatros ekor pendek yang terancam punah, dan Kittiwakes kaki merah. Banyak dari spesies ini unik untuk daerah, yang menyediakan habitat mencari makan yang sangat produktif, terutama di sepanjang tepi rak dan di lain daerah kaya nutrisi, seperti Kepulauan Pribilof, Zhemchug, dan ngarai Pervenets.
Dua spesies dari Laut Bering, Sapi Laut Steller (Hydrodamalis gigas) dan Cormorant berkacamata (Phalacrocorax perspicillatus), sudah punah karena eksploitasi berlebihan oleh manusia. Selain itu, subspesies kecil angsa Kanada, Angsa Bering Kanada(Branta canadensis asiatica) punah karena penembakan secara berlebihan.

[sunting]Perikanan

Laut Bering adalah temapat terkenal untuk perikanan yang sangat produktif dan menguntungkan, seperti kepiting raja ,kepiting opilio, ikan salmon Teluk Bristol, kepiting penyamak. Perikanan ini bergantung pada produktivitas Laut Bering melalui jaring makanan yang rumit dan sedikit makanan yang dipahami. Keberadaan terus perikanan ini memerlukan ekosistem utuh, sehat, dan produktif.
Meskipun merupakan rumah bagi apa yang dianggap sebagai penangkapan ikan paling berbahaya di dunia, penangkapan ikan komersial adalah bisnis besar di Laut Bering, yang diandalkan oleh perusahaan-perusahaan makanan laut terbesar di dunia untuk menghasilkan ikan dan kerang. Di pihak AS, perikanan komersial menangkap sekitar $ 1 milyar seafood per tahun, sedangkan Laut Bering Rusia perikanan bernilai sekitar $ 600.000.000 per tahun.
Laut Bering juga berfungsi sebagai lokasi sentral dari kepiting raja Alaska dan musim kepiting Opilio, yang mencatat di televisi Discovery Channel Catch sebagai program mematikan. Pendaratan dari perairan Alaska merupakan setengah AS tangkapan ikan dan kerang.

[sunting]Perubahan

Karena perubahan yang terjadi di Kutub Utara, evolusi masa depan iklim Laut Bering / ekosistem tidak menentu. Ini adalah masalah simetris: dampak perubahan iklim ekosistem, dan ekosistem yang berfungsi sebagai indikator untuk perubahan iklim.

[sunting]Lihat pula

0 komentar:

Poskan Komentar