Sekoci

Sabtu, 07 Januari 2012

Sekoci dibawa sebuah kapal yang lebih besar.
Sekoci atau perahu penyelamat adalah perahu tegar (rigid) atau mengembang (inflatable) yang dirancang untuk menyelamatkan nyawa manusia jika terjadi masalah di laut. Sekoci umumnya merujuk pada kendaraan yang dibawa oleh kapal yang lebih besar untuk digunakan oleh penumpang dan awak kapal dalam keadaan darurat. Tapi di Britania Raya, istilah ini terutama merujuk pada jenis kapal khusus yang tersedia di pelabuhan, umumnya diawaki oleh relawan, yang digunakan untuk secepatnya mencapai kapal yang menghadapi masalah.

Daftar isi

  [sembunyikan

[sunting]Bentuk-bentuk sekoci

[sunting]Perahu bermotor

Merupakan perahu yang dilengkapi dengan motor penggerak, dalam keadaan darurat pada proses evakuasi penumpang. Kapal diturunkan dengan menggunakan kerekan/kran kelaut.Perahu ini biasanya dilengkapi dengan bahan bakar, bahan makanan serta minuman serta perangkat untuk menarik perhatian berupa perangkat yang bercahaya bila diaktipkan.

[sunting]Rakit penolong kembung

Rakit penolong kembung dalam kulit keras
Rakit penolong kembung yang sudah dikembangkan.
Adalah rakit penolong yang dapat dikembangkan pada saat dilempar kelaut secara automatis rakit jenis ini disebut juga sebagai Inflatable liferaft(ILR). Perangkat rakit penolong ini merupakan perangkat keselamatan yang umum digunakan dikapal-kapal modern karena kepraktisan dalam penggunaan, ruang yang terpakai kecil serta mempunyai kapasitas angkut yang besar (ada yang berkapasitas 6, 10, 15, 20 dan 25 orang).
Rakit ini akan muncul kepermukaan laut dalam kondisi terkembang bila berada 4 meterdibawah permukaan laut/kapal telah tenggelam. Seperti halnya perahu bermotor Rakit penolong kembung juga dilengkapi dengan makanan dan minuman.
Untuk mengembangkan rakit ini digunakan gas CO2 yang disimpan dalam suatu tabung. Tabung gas ini akan terbuka secara automatis dan mengisi balon/rakit penolong ini bila dilemparkan kedalam air.

[sunting]Sekoci luncur

Sekoci luncur
Merupakan sekoci yang diluncurkan kedalam air melalui suatu landasan luncur bila terjadi kedaruratan dan memerlukan evakuasi dari kapal atau anjungan. Sekoci dimuati dengan penumpang yang dievakuasi dan bila sudah saatnya perlu diluncurkan perahu ini selanjutnya dengan mengaktifkan tuas pelepas sekoci luncur. Sekoci ini didesain sekemikian sehingga apapun kondisi laut sekoci ini akan kembali keposisi tegak diatas permukaan air.

[sunting]Lihat pula

[sunting]Pranala luar

0 komentar:

Poskan Komentar