Sebuah sekoci ( liferaft ) adalah kecil, kaku atau tiup perahu dilakukan untuk evakuasi darurat dalam hal terjadi bencana atas kapal.Dalam militer, sekoci dapat disebut sebagai kapal penangkap ikan paus , perahu , atau pertunjukan . Para tender kapal dari kapal pesiarsering ganda sebagai sekoci. Pelaut rekreasi terkadang membawa sekoci proaktif kecil daripada rakit kehidupan tiup. Perahu ini tak dpt tenggelam, dan dapat berlayar ke tempat yang aman. Latihan sekoci diwajibkan oleh hukum pada kapal komersial yang lebih besar.
Inflatable sekoci mungkin dilengkapi dengan auto-inflasi (karbon dioksida atau nitrogen) tabung atau pompa mekanik. Sebuah rilis cepat dan mekanisme melepaskan tekanan dipasang pada kapal-kapal sehingga tabung atau pompa otomatis mengembang sekoci, dan sekoci istirahat bebas dari kapal tenggelam. Pesawat komersial juga diharuskan untuk membawa auto-menggembungkan rakit kehidupan dalam keadaan darurat pendaratan air , dan juga disimpan pada platform lepas pantai.
Kapal-meluncurkan sekoci diturunkan dari davits di dek kapal, dan tidak dapat tenggelam dalam keadaan normal. Penutup berfungsi sebagai perlindungan dari matahari, angin dan hujan, dapat digunakan untuk mengumpulkan air hujan, dan biasanya terbuat dari bahan reflektif atau neon yang sangat-terlihat. Sekoci telah dayung, flare dan cermin untuk sinyal, pasokan bantuan pertama, dan hari 'makanan dan air. Beberapa sekoci lebih cakap dilengkapi untuk mengizinkan penyelamatan diri, dengan perlengkapan lain seperti radio, mesin dan berlayar, pemanas, peralatan navigasi, stills air tenaga surya, air hujan tangkapan dan peralatan memancing.
Para Konvensi Internasional untuk Keselamatan Jiwa di Laut (SOLAS) dan Kode Life-Saving Appliance Internasional (LSA) memerlukan peralatan darurat tertentu dilakukan pada setiap sekoci dan liferaft digunakan pada perjalanan internasional. Sekoci modern membawaPosisi-Menunjukkan Darurat Radio Beacon (EPIRB) dan baik reflektor radar atau Pencarian dan Penyelamatan Transponder (SART). Di Amerika Serikat, US Coast Guard memastikan jenis yang tepat dan jumlah sekoci yang dalam perbaikan baik pada kapal-kapal besar.
Isi[hide] |
[ sunting ]Asal
Pada pergantian abad ke-20 kapal yang lebih besar berarti lebih banyak orang bisa bepergian, tapi keamanan aturan mengenai sekoci tetap keluar dari tanggal: misalnya, Inggris undang-undang tentang jumlah sekoci didasarkan pada tonase kapal dan hanya mencakup kapal "10.000 kotor ton dan lebih ". Itu setelah tenggelamnya RMS Titanic pada tanggal 15 April 1912, bahwa gerakan mulai membutuhkan jumlah yang cukup sekoci pada kapal penumpang untuk semua orang di dalamnya. Titanic,dengan tonase kotor 46.000 ton dan membawa 20 sekoci, bertemu dan melampaui peraturan yang ditetapkan oleh Dewan Perdagangan , yang membutuhkan kapal ukuran tubuhnya (yaitu lebih dari 10.000 ton) untuk membawa perahu yang mampu membawa total 1.060 orang.Titanic 's perahu memiliki kapasitas 1.178 orang di kapal mampu membawa 3.330 orang.
Kebutuhan untuk sekoci begitu banyak di atas geladak kapal penumpang setelah 1912 menyebabkan penggunaan sebagian besar ruang dek tersedia bahkan di kapal-kapal besar, menciptakan masalah lorong-lorong dibatasi. Hal ini diselesaikan oleh pengenalan sekoci dilipat, sejumlah yang ( Berthon Perahu ) telah dilakukan di Titanic.
Selama Perang Dunia II dan Pertempuran Atlantik dengan konvoi akan ke utara Rusia melalui Samudra Arktik ditemukan bahwa kemungkinan para awak kapal dagang bertahan hidup di sekoci terbuka tidak terlalu baik kecuali mereka diselamatkan dalam beberapa jam. Para Angkatan Laut AS meminta berbagai kelompok dan produsen untuk menyarankan solusi. Hasil adalah tertutup pertama, yg tak dpt tenggelam, meluruskan diri sekoci yang diproduksi di Delanco , New Jersey , Amerika Serikat. Unit pertama disampaikan pada tahun 1944. Ini sekoci radikal baru 24 meter panjangnya dan beratnya £ 5.000. Mereka memiliki dua kabin tertutup di setiap akhir yang bisa menampung total 25 orang. Ruang di antara dirancang untuk membantu orang-orang di dalam air harus ditarik kapal, dan bisa tertutup dengan bagian atas kanvas. Jenis sekoci baru bisa didorong baik oleh motor kecil atau berlayar. [1]
Juga, pada tahun 1943 Amerika Serikat mengembangkan sebuah balsa kayu liferaft yang tidak akan tenggelam, terlepas dari jumlah lubang (dari tembakan musuh) di dalamnya.Ini liferafts balsa dirancang untuk menahan 09:55 pria pada platform ditangguhkan pada bagian dalam atau 15-25 baris tergantung ditempatkan di sisi luar. Mereka murah, dan selama perang ribuan disimpan dalam setiap ruang mungkin pada kapal perang AS dan kapal dagang. Liferafts ini hanya dimaksudkan untuk digunakan selama jangka pendek sebelum sekoci atau kapal lain dalam konvoi atau kelompok bisa membawa mereka naik. Ketika USS Indianapolis beroperasi sendiri tenggelam pada tahun 1945, tidak satupun dari sekoci yang lebih besar diluncurkan dan bukannya yang selamat harus mengandalkan liferafts ini balsa yang otomatis dirilis sebagai kapal tenggelam. Sementara banyak dari kru tewas, jika bukan karena ini liferafts balsa kemungkinan semua akan binasa. [2]
Hari ini, sekoci tertutup adalah sekoci disukai dipasang pada kapal dagang modern, karena perlindungan unggul mereka terhadap unsur-unsur (laut terutama panas, dingin dan kasar) dalam kasus penyebaran mereka.
Umumnya masing-masing kapal dagang memiliki satu sekoci dipasang di sisi kiri dan satu di sisi kanan. Logikanya adalah bahwa sekoci selalu tersedia terlepas dari sisi mana kapal terdaftar / hak atas. Sekoci kapasitas pra-ditentukan dan pra-ditetapkan (volume yang telah diperkirakan biasanya melalui aturan Simpson , dari satu set pengukuran penampang area) [3] dan disebutkan pada "Sertifikat Keamanan peralatan" kapal. Rincian lebih lanjut dari perahu ditemukan di "Form E" sertifikat ini.
Kapal dilengkapi dengan sekoci "jatuh bebas" merupakan pengecualian - mereka memiliki total hanya satu perahu, yang terletak di buritan kapal.
[ sunting ]Liferaft dibandingkan sekoci
Liferafts pada umumnya dilipat, dan disimpan dalam sebuah tugas berat fiberglass tabung, dan juga mengandung beberapa gas yang tinggi-tekanan (dalam model komersial, biasanya udara kompresi ) untuk memungkinkan inflasi otomatis ke ukuran operasi. SOLAS dan peraturan militer memerlukan ini untuk disegel, tidak pernah dibuka oleh awak kapal, mereka dihapus di periodisitas ditetapkan (setiap tahun pada kapal pedagang) dan dikirim ke fasilitas bersertifikat untuk membuka dan memeriksa liferaft dan isi. Sebaliknya, sekoci terbuka, dan peraturan memerlukan awak untuk memeriksa secara berkala dan memastikan semua peralatan yang diperlukan hadir.
Sekoci modern memiliki motor; liferafts biasanya tidak. Sekoci besar menggunakan dewi-dewi atau sistem meluncurkan (mungkin ada beberapa sekoci pada satu), yang membutuhkan manusia untuk memulai. Meluncurkan sekoci memakan waktu lebih lama dan memiliki resiko tinggi kegagalan karena faktor manusia. Namun sekoci tidak menderita dari kegagalan sistem inflasi sebagai liferafts tiup lakukan.
Baru-baru ini, lebih kecil sekoci penyelamatan diri telah diperkenalkan untuk digunakan oleh kapal-kapal dengan lebih sedikit orang di atas kapal: ini adalah perahu kaku dengan CO2 -kanopi meningkat paparan dan peralatan keselamatan lainnya. Seperti sekoci digunakan sebelum munculnya mesin bensin , penyelamatan diri ini perahu dirancang untuk membiarkan penumpang mendorong diri mereka untuk keselamatan dengan berlayar atau mendayung. Selain menggunakan mereka sebagai sekoci proaktif, penyelamatan diri ini perahu juga dimaksudkan untuk berfungsi sebagai yacht tender.
Para Konvensi Internasional untuk Keselamatan Jiwa di Laut (SOLAS) membuat persyaratan bagi kapal pedagang untuk memiliki liferafts di setiap sisi kapal, cukup untuk semua orang di papan (kapasitas dinyatakan sekoci, terlepas dari fakta bahwa ada sebenarnya bisa lebih rendah orang onboard). Namun, jika sekoci adalah "mudah dipindahtangankan" (yakni memiliki geladak terbuka antara port dan sekoci deck kanan), jumlah liferafts dapat dikurangi dengan cukup total kapasitas kapal.
Peralatan yang dibawa dalam sebuah liferaft jauh kurang dari sekoci. Vis a vis sekoci, liferafts tidak meluruskan diri dan memiliki motor tidak ada.
[ sunting ]sekoci Khusus
Beberapa kapal telah sekoci terjun bebas, yang tersimpan di tempat peluncuran kapal miring ke bawah, menjatuhkan ke dalam air sebagai rintangan dilepaskan. Sekoci tersebut jauh lebih berat untuk bertahan dampak dengan air. Sekoci terjun bebas digunakan untuk kemampuan mereka untuk meluncurkan hampir seketika dan kehandalan yang tinggi, dan sejak tahun 2006 yang diperlukan [4] padakapal curah yang dalam bahaya tenggelam terlalu cepat untuk sekoci konvensional yang akan dirilis.
Kapal tanker yang diperlukan untuk membawa sekoci tahan api, diuji untuk bertahan minyak terbakar atau tumpahan minyak dari kapal tanker produk. Proteksi kebakaran kapal tersebut disediakan oleh isolasi dan sistem sprinkler, yang memiliki sistem pipa di atas, di mana air dipompa dan disemprotkan untuk mendinginkan permukaan. Sistem ini, sementara rentan terhadap kegagalan mesin, memungkinkan sekoci tahan api yang akan dibangun dari fiberglass dan tidak hanya logam.
[ sunting ]
Para Angkatan Laut Amerika Serikat menggunakan lima jenis kustom karet rakit kehidupan serta sejumlah Coast Guard yang tersedia secara komersial rakit kehidupan disetujui. 25-orang MK-6 dan 50-orang MK-7 yang digunakan pada kapal permukaan, 50-orang MK-8 pada operator pesawat dan LRU-13A dan 12A LRU-pesawat dan kapal selam masing-masing. Kerajinan kecil kombatan sering menggunakan 6, 10 atau 15-orang rakit kehidupan komersial. [5] Jumlah rakit kehidupan dilakukan pada kapal USN ditentukan berdasarkan jumlah maksimum personil dilakukan kapal ditambah 10% sebagai margin keamanan. Operator pesawat membawa 254 rakit kehidupan baik MK7 atau 127 MK8 rakit kehidupan. Sementara kedua mirip dengan tugas berat rakit kehidupan komersial, rakit kehidupan USN bernapas menggunakan udara sebagai gas inflasi daripada karbon dioksida untuk memastikan inflasi penuh dalam waktu 30 detik di lingkungan Arktik.
Bahan dasar yang digunakan pada MK7 rakit kehidupan adalah poliuretan dilapisi kain yang memiliki daya tahan yang sangat tinggi.MK6 tua dan beberapa MK8 rakit kehidupan yang diproduksi dari neoprene kain dilapisi, bagaimanapun, mayoritas MK8 rakit kehidupan juga diproduksi dari kain poliuretan. Sekoci kompak dan terbuat dari kompartemen terpisah, atau tabung, sebagai redundansi terhadap tusukan. Dua silinder udara yang mengandung udara kering, bernapas dikompresi menyediakan inflasi awal. Tergantung pada model hidup rakit, silinder masing-masing mungkin berisi hingga 5000 psi udara terkompresi. Setiap rakit kehidupan dilengkapi dengan suar, cahaya eksternal otomatis digerakkan dan pencahayaan internal. Listrik disediakan oleh baterai lithium .
Rakit kehidupan USN yang disimpan dalam tugas berat tabung fiberglass dan dapat diluncurkan secara manual atau secara otomatis harus kapal mulai tenggelam. Meluncurkan otomatis dan inflasi digerakkan oleh perubahan tekanan dirasakan oleh perangkat rilis harus hidrostatik kapal mulai tenggelam. Sebuah pompa tangan disediakan untuk tekanan "top-off" pada malam hari ketika suhu mulai turun dan mengurangi tekanan udara internal. katup Bantuan yang dipasang di setiap tabung untuk mencegah tekanan berlebih.Perbaikan lubang atau robekan hingga enam inci panjang dapat dibuat dengan menggunakan klem khusus penyegelan. Penghuni dalam rakit kehidupan USN dilindungi dari angin, hujan dan matahari dengan built-in yang secara otomatis mengembang kanopi. Menetas adalah sealable untuk mencegah hujan dan air laut memasuki rakit kehidupan. Peralatan hidup meliputi: panduan reverse osmosis desalinator (MROD), botol air tawar, individu paket makanan , kit memancing , sinyal cermin, roket dan asap flare , senter , cadanganjangkar laut , kit pertolongan pertama , dayung , baterai cadangan dan umbi, dan aluminized milar lembar (" selimut ruang ") untuk membantu dalam merawat korban hipotermia .
USN tiup rakit kehidupan dilayani setiap lima tahun. Setiap rakit kehidupan adalah ujian meningkat sebelum mengemas. Para rakit kehidupan USN memiliki tingkat keandalan yang tinggi dari inflasi.
0 komentar:
Posting Komentar